Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran SKI untuk Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MIS Laiwui Obi
Keywords:
: Integrasi Nilai Islami, Pembelajaran SKI, Karakter ReligiusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi nilai-nilai Islami dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan pengaruhnya terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di MIS Laiwui Obi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SKI mengintegrasikan nilai-nilai Islami melalui metode storytelling, pemanfaatan media digital, dan pembelajaran berbasis proyek. Strategi ini berhasil meningkatkan minat belajar peserta didik sekaligus menanamkan nilai kesabaran, kejujuran, dan tanggung jawab. Kendala utama dalam pelaksanaan integrasi ini adalah keterbatasan sarana teknologi dan akses internet. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan strategi pembelajaran inovatif berbasis nilai Islami untuk memperkuat karakter religius peserta didik.