Fitrah Sebagai Landasan Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Perspektif Pendidikan Islam

Authors

  • Nurmala Buamona IAIN Ternate, Maluku Utara.Indonesia
  • Puji Dwi Rahayu IAIN Ternate, Maluku Utara Indonesia
  • Santi M. J Wahid IAIN Ternate, Maluku Utara Indonesia
  • Rinelsa R. Husaen IAIN Ternate, Maluku Utara Indonesia

Keywords:

Fitrah, Pendidikan Islam, Kecerdasan Spiritual, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan Islam berbasis fitrah sebagai landasan pengembangan kecerdasan spiritual anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan filosofis dan analisis kritis terhadap literatur ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitrah merupakan potensi spiritual bawaan yang melekat pada anak sejak lahir, yang menjadi fondasi utama dalam pengembangan kecerdasan spiritual. Pembiasaan ibadah, peran keluarga dan guru sebagai model religius, serta penggunaan media pembelajaran islami terbukti efektif dalam mengaktualisasikan fitrah anak. Pendekatan holistik yang mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta pemanfaatan teknologi edukatif, semakin memperkuat pengembangan kecerdasan spiritual anak. Penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi antara keluarga, sekolah, dan lingkungan sosial dalam membentuk generasi yang beriman, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

##section.default.title##