Menakar Relevansi Pembelajaran Nahwu dan Sharaf dalam Konstruksi Skripsi: Perspektif Mahasiswa Semester Akhir Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ternate

Authors

  • Aslamia Akil Prodi PBA IAIN Ternate,Maluku Utara
  • Ersya S. Yainahu Prodi PBA IAIN Ternate,Maluku Utara
  • Nurmianti Jangaopa Prodi PBA IAIN Ternate,Maluku Utara
  • Siti Hajar Al-Haddad Prodi PBA IAIN Ternate,Maluku Utara
  • Ummi Hasan Prodi PBA IAIN Ternate,Maluku Utara
  • Adiyana Adam Prodi PAI IAIN Ternate,Maluku Utara
  • Sayuti Atman Said Prodi PBA IAIN Ternate,Maluku Utara

Keywords:

Nahwu, Sharaf, Skripsi, Bahasa Arab, Mahasiswa Semester Akhir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menakar relevansi pembelajaran ilmu Nahwu dan Sharaf terhadap konstruksi skripsi mahasiswa semester akhir Program Studi Bahasa Arab di IAIN Ternate. Nahwu dan Sharaf sebagai fondasi dalam memahami struktur dan makna bahasa Arab semestinya menjadi bekal utama mahasiswa dalam menulis karya ilmiah, terutama skripsi. Namun, dalam praktiknya, tidak semua mahasiswa mampu mengaplikasikan dua ilmu tersebut secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 10 mahasiswa semester akhir yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun mayoritas mahasiswa menyadari pentingnya Nahwu dan Sharaf, hanya sebagian kecil yang aktif menggunakannya dalam proses penulisan skripsi. Faktor penghambatnya antara lain lemahnya penguasaan lanjutan, kurangnya sumber belajar, serta minimnya perhatian terhadap aspek kebahasaan dalam proses penyusunan. Oleh karena itu, perlu adanya integrasi antara pembelajaran Nahwu-Sharaf dengan praktik penulisan akademik, serta dukungan kurikulum dan bimbingan yang berorientasi pada penerapan kebahasaan secara nyata dalam skripsi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Adiyana Adam, Prodi PAI IAIN Ternate,Maluku Utara

Dosen PBA IAIN ternate

Downloads

Published

2025-06-18

Issue

Section

##section.default.title##