Penggunaan Bahasa Ternate di Kalangan Siswa MAN 1 Ternate: Studi Kasus Pemahaman dan Penggunaan Sehari-hari”,

Authors

  • Rusna Gani MAN 1 Kota Ternate
  • Adiyana Adam IAIN Ternate,Maluku Utara.Indonesia

Keywords:

Kearifan lokal, Sejarah Kebudayaan Islam, pembelajaran kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi kearifan lokal Maluku Utara dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah Negeri Ternate. Kearifan lokal seperti nilai-nilai Islam dalam budaya Kesultanan Ternate-Tidore, tradisi lisan, dan adat istiadat lokal dijadikan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman dan ketertarikan peserta didik terhadap materi pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD). Peneliti juga berperan langsung sebagai guru SKI yang mengimplementasikan integrasi tersebut dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan berbasis kearifan lokal membuat siswa lebih mudah memahami materi dan merasa terhubung secara emosional dengan sejarah Islam yang diajarkan. Narasi sejarah yang relevan dengan identitas kultural siswa meningkatkan antusiasme dan partisipasi mereka di kelas. FGD dengan guru dan tokoh adat mengungkapkan bahwa metode ini mendukung internalisasi nilai-nilai keislaman secara alami. Namun, keterbatasan bahan ajar berbasis lokal menjadi tantangan yang perlu diatasi melalui kolaborasi antara pendidik dan masyarakat. Penelitian ini merekomendasikan penyusunan kurikulum tematik berbasis budaya lokal untuk memperkuat pembelajaran SKI yang bermakna

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Adiyana Adam, IAIN Ternate,Maluku Utara.Indonesia

Dosen iain ternate

Downloads

Published

2025-02-19

Issue

Section

##section.default.title##