Transformasi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Era Disrupsi Sosial: Studi pada STAI Babussalam Sula
Keywords:
disrupsi sosial, pendidikan Islam, transformasi digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam bagaimana lembaga pendidikan Islam, khususnya STAI Babussalam Sula, merespons tantangan era disrupsi sosial yang ditandai oleh perubahan teknologi, pergeseran nilai sosial, dan kesenjangan akses informasi. Menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga pendidikan menghadapi tantangan serius dalam integrasi teknologi, kesiapan sumber daya manusia, serta adaptasi kurikulum. Meskipun infrastruktur digital masih terbatas, STAI Babussalam Sula telah menunjukkan upaya strategis melalui pengembangan kurikulum berbasis teknologi dan nilai keislaman, pemanfaatan media sosial sebagai sarana pembelajaran, serta penguatan pendidikan karakter. Temuan ini dianalisis menggunakan teori disrupsi sosial, pendidikan transformatif, dan pembelajaran abad ke-21. Kesimpulan dari studi ini menyatakan bahwa lembaga pendidikan Islam dapat menjadi aktor penting dalam menjembatani tantangan global dan lokal melalui inovasi berbasis nilai. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan model pendidikan Islam yang kontekstual dan berkelanjutan di wilayah tertinggal.